Breaking News

KENALI PESTA BUDAYA DAN PERHITUNGAN BULAN ALA SUKU MEE


1. Pesta Adat Yuwo yaitu Pesta adat Acara Kaum Orang Kaya, pesta ini diadakan apabila
    setiap orang yang mau memamerkan kekayaan kepada orang lain ( seperti potong babi
    atau Ekina ).
                                         
2.Pesta Adat Emaida Yaitu Pesta adat cari jodoh, Pesta ini diadakan kapan saja tergantung
   desa atau kampung mana yang mengundang muda-mudi atau laki-laki yang ingin
    mengawini istri lebih dari satu tetapi dibatasi kaum wanita yang sudah mempunyai suami
    pesta ini diadakan di dalam rumah/ Emawa. Tempat rumah adat khusus.                        
3. Pesta Adat Yibu yaitu pesta adat dalam ikatan keluarga seperti ulang tahun, anak lahir,  orang meninggal, nikah., yang diadakan pada rumah adat atau rumah sendiri 
4. Peata Adat Tauwan Yuwo yaitu pesta Natal / hari besar keagamaan. Yang biasa dilakukan pada lingkungan keluarga, gereja / Bunani. Tadi telah diuraiakn diatas bahwa pesta adat Tauwan Yuwo sejak dahulu tua-tua suku –ME telah mengenal kelahiran dan kematian Sang Pencipta yaitu Koya Daba ( Ugatame ) dengan mempunyai sejarah Sang Pencipta yang telah Lahir di daerah Suku Dani dan Mati dibunuh Dipaniai dengan itu ada bukti jejak kaki yang bermula dari wamena sampai kepaniai.
 Cara perhitung bulan tua-tua suku –ME untuk mengadakan pesta adat Tauwan Yuwo atau natal yaitu Dilihat Bulan Pada Malam Hari yang terbit tepat diujung timur, itulah yang menandakan pergantian bulan sampai bulan ke 12 barulah diadakan pesta adat Tauwan Yuwo atau natal. Dari ke empat Pesta Adat diatas yang masih dilakukan sampai saat ini yaitu Pesta Adat Emaida, Yibu, dan Tauwan Yuwo sedangkan Yuwo tidak dilakukan lagi karena sudah banyak orang yang mempunyai banyak kekayaan sehingga malu untuk memamerkan kekayaannya kepada orang lain.

Tidak ada komentar